Beasiswa S2 USAid / PRESTASI 2013


Pemerintah Amerika melalui USAID kembali memberikan kesempatan bagi Putra/Putri Indonesia untuk mendapatkan beasiswa S2 yang mayoritas akan ditempatkan di Amerika.

Beasiswa ini dikelola oleh IIEF Indonesia melalui program beasiswa yang diberi nama PRESTASI. Berikut adalah persyaratan umum:

PENDAHULUAN
Tujuan dari panduan pengisian dan pengiriman formulir pendaftaran USAID Scholarship PRESTASI Program adalah untuk membantu aplikan dalam menyiapkan dokumen pendaftaran termasuk di antaranya pengisian formulir pendaftaran, penyusunan dokumen lampiran dan pengirimannya. Periode pendaftaran USAID Scholarship PRESTASI Program dimulai pada bulan Januari dengan batas akhir pendaftaran tanggal 12 April 2013 pukul 16.30 WIB.
II. PERSYARATAN
A. Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia, tidak memiliki kewarganegaraan ganda.
  2. Bukan pegawai USAID atau kontraktor USAID atau lembaga penerima dana USAID (grantee).
  3. Masih memiliki masa kerja minimal 10 tahun sebelum memasuki masa pensiun, dihitung dari selesainya masa studi.
  4. Memiliki pendidikan minimal sarjana strata 1 (S1) atau setara, dengan IPK minimal 2.75 (skala 4.0).
  5. Memiliki skor TOEFL ® ITP minimal 450 atau IELTS™ minimal 5.0 atau TOEFL ® IBT minimal 45.
  6. Berkomitmen kuat untuk segera kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi.
  7. Tidak sedang menerima beasiswa dari institusi lain.
  8. Belum memiliki gelar Master (S2) sebelumnya.
  9. Memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang yang sama dengan studi yang akan diambil.

Catatan: persyaratan khusus untuk setiap bidang studi, dapat diperoleh di lembar Program Description di website USAID – PRESTASI (www.prestasi-iief.org).
B. Persyaratan Dokumentasi

Dokumen Wajib

  1. Formulir aplikasi yang telah diisi dan ditandatangani. Formulir aplikasi dibuat rangkap 4, yang terdiri dari 1 paket aplikasi asli dan 3 paket formulir aplikasi fotokopi.
  2. Fotokopi ijazah S1 yang telah dilegalisir asli (1 lembar) dan legalisir fotokopi (3 lembar). Ijazah tidak perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.
  3. Fotokopi transkrip akademik S1 yang dilegalisir asli (1 lembar) dan legalisir fotokopi (3 lembar). Transkrip akademik tidak perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.
  4. Pas foto terbaru ukuran 4×6 (4 lembar). Pas foto ditempelkan di setiap paket aplikasi. Dapat memakai pas foto hitam putih atau berwarna.
  5. Curriculum vitae terbaru (4 kopi). Curriculum vitae dibuat dalam bahasa Inggris.
  6. Fotokopi KTP atau Passport yang masih berlaku (1 lembar). Bila melampirkan fotokopi Passport, cukup dilampirkan halaman identitas passport saja.
  7. Fotokopi hasil tes TOEFL ® ITP atau IELTS™ atau TOEFL ® IBT yang masih berlaku (1 lembar). Hasil tes TOEFL prediksi tidak diperbolehkan. Hasil tes TOEFL atau IELTS yang dilampirkan masih berlaku di saat pendaftaran ditutup.
  8. Surat referensi asli dari 3 pemberi referensi, dengan ketentuan sebagai berikut:
    – Aplikan harus melampirkan surat referensi yang diberikan oleh:

    •  Atasan di tempat kerja yang mengenal kapasitas professional Aplikan.
    •  Dosen atau pembimbing akademik di kampus tempat Aplikan pernah belajar.
    •  Atasan atau Dosen atau orang yang mengetahui kegiatan sosial Aplikan.

    – Surat referensi disarankan diisi dengan bahasa Inggris.
    – Surat referensi bersifat rahasia. Dari pemberi referensi, surat tersebut dikembalikan kepada aplikan dalam amplop tertutup dengan dibubuhi tanda tangan pemberi referensi di perbatasan antara lidah dan badan amplop.
    – Pemberi referensi dapat mengirimkan langsung surat referensi via pos atau diantar langsung ke Panitia Seleksi dengan alamat yang sama dengan alamat pengiriman formulir aplikasi. Surat referensi yang diterima oleh Panitia Seleksi tidak boleh melewati batas akhir penerimaan formulir aplikasi yaitu 12 April 2013. Surat referensi tidak boleh dikirimkan via email atau fax.
    9. Bagi aplikan yang memilih untuk studi di Amerika Serikat (semua sektor), wajib melampirkan surat izin dari Bagian Kepegawaian yang menyatakan bahwa, apabila terpilih, maka aplikan diperbolehkan mengikuti rangkaian kegiatan program USAID Scholarship PRESTASI Program dan akan berangkat studi sesuai jadwal yang ditentukan oleh USAID Scholarship PRESTASI Program.
    Bagi aplikan yang memilih untuk studi di Indonesia (khusus sektor Kesehatan), wajib melampirkan surat izin dari Bagian Kepegawaian yang menyatakan bahwa, apabila terpilih, maka aplikan akan dibebaskan dari tugas selama menempuh studi.
    Surat izin dapat dikirim terpisah dari paket formulir aplikasi dan diterima oleh Panitia Seleksi tidak melewati batas akhir penerimaan formulir aplikasi yaitu 12 April 2013.

 

Untuk Info Lebih Jelas bisa mendownload pada link berikut :

panduan pendaftaran

prestasi application form 2013

 

Critical Dates

  •  Application Deadline: April 12, 2013
  • Document Review : April – May 2013
  • Criteria Review: June – July 2013
  • Interview : August 2013
  • Announcement: September 2013

 

7 responses to “Beasiswa S2 USAid / PRESTASI 2013

  1. salam kenal, saya egah…saya arif dari maluku saya mendaftar beasiswa usaid untuk periode 2014, sampai saat ini belum ada konfirmasi mengenai lolos atau tidaknya dokumen saya, sedangkan critical date untuk review dok adalah april-may 2013…dan saya sudah mengirim email ke admin nya, tetapi belom ada jawabanya…

    satu lagi pertanyaan, daerah timur yang menjadi target adalah papua, kupang /ntt apakah maluku termasuk daerah timur yang di prioritaskan??

    terimakasih

    • Salam kenal juga Egah,
      Utk critical date, may itu utk dokumen, kemudian ada seleksi kriteria hingga juli. Sy krg tau apa itu seleksi kriteria, krn masa saya tidak ada. Biasanya kl lolos berkas akan dihubungi untuk wawancara. Karena wawancara agustus, mk kemungkinan july akhir peserta akan dapat pengumuman.

      Kl wilayah timur, sy tidak bisa jawab dengan pasti. Sepertinya setiap tahun ada perubahan.

      Salam,
      Alex

  2. Pak Alex, apa bapak punya informasi berapa orang kuota per field of training? Mislanya merujuk pada penerimaan tahun lalu. Salam

  3. Pak Alex, Mislanya merujuk pada penerimaan tahun lalu. Apa bapak punya informasi berapa orang kuota per field of training?
    Salam

    • Ijin kepegawaian itu berhubungan dengan aturan di instasi teman Ana bekerja. Kalau dosen, harus ijin rektor, walaupun usaid tidak mensyaratkan. Ijin ini menguatkan opini bahwa Ana didukung oleh instasi untuk belajar/kuliah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s