Instal Windows Dengan USB


Kehadiran komputer portable dengan harga yang murah belakangan ini perlahan tapi pasti mulai menggusur kehadiran komputer desktop (PC). Salah satu varian komputer portable yang cukup mendapat sambutan besar dari konsumen adalah Netbook.

(tmcnet.net)

Netbook menjadi pilihan banyak konsumen selain faktor ukuran yang kecil dan ringan sehingga mudah dibawa juga karena faktor harga yang relatif murah dengan kinerja yang tidak begitu jauh dengan Notebook.

Keunggulan ringan, tipis dan harga murah bukan tanpa kompensasi. Semua itu harus ‘dibayar’ konsumen dengan dipangkasnya salah satu peralatan utama, yaitu : CD/DVD drive. Ketiadaan drive ini dapat diatasi dengan membeli CD/DVD drive eksternal dan dengan dukungan boot via USB membuat proses intalasi sistem operasi (Windows/Linus) dapat dilakukan tanpa masalah.

Untuk mereka yang tidak memiliki CD/DVD drive eksternal, menginstal sistem operasi menjadi masalah. Hal ini dapat diselesaikan dengan menggunakan USB sebagai media intalasi.

Beberapa hal yang harus disiapkan adalah :

  1. Komputer dengan CD/DVD drive + port usb.
  2. USB kosong dengan kapasitas 1 – 2 Gb.
  3. CD instalasi Windows.
  4. Aplikasi pembuat modul instalasi (USB_PREP8 dan PEtoUSB). Dapat didownload secara cuma-cuma di http://www.sendspace.com/file/7n781n atau di cari di om Google.
  5. Netbook yang akan diinstal.

Langkah-langkah dalam pembuatannya adalah sebagai berikut :

  1. Masukkan usb ke komputer. Lihat usb anda terdaftar pada drive apa, misal D:, E:, dsb.
  2. Masukkan cd instal Windows. Jangan jalankan program instalasinya. Lihat juga optik drive anda terdaftar pada drive apa, misal D:, E:, dsb.
  3. Taruh file-file USB_PREP8 dan PEtoUSB ke satu direktori/folder, misalkan C:\USB.
  4. Ekstrak kedua file tersebut.
  5. Jalankan file “usb_prep8.bat” dan akan muncul layar command prompt yang akan menjalan beberapa perintah. Tunggu hingga muncul tulisan “press any key to continue”. Tekan sembarang tombol.
  6. Layar PEtoUSB akan muncul untuk proses memformat USB. Tekan Start.
  7. Jika proses format berjalan lancar dan selesai, tutup layar PEtoUSB (bukan layar command prompt). Anda akan mendapati 5 pilihan perintah.
  8. Pilihan 1 akan meminta anda mililih/menentukan sumber file intalasi Windows. Pilih drive dimana cd Windows anda berada. Bila ada telah menyalin semua file instalasi Windows ke folder tertentu, maka pilih folder tersebut.
  9. Pilihan 3 untuk menentukan letak USB drive anda. Jika USB berada pada drive D, maka ketik D kemudian tekan Enter, dan seterusnya.
  10. Pilihan 4 untuk memulai proses pembuatan modul intalasi dari cd Windows ke usb. Selalu pilih YES atau OK untuk pertanyaan atau konfirmasi apapun.

Setelah proses selesai maka proses pembuatan USB untuk instalasi Windows telah selesai. Selanjutnya tancapkan usb tersebut ke Netbook anda dan nyalakan Netbook untuk proses intalasi. Jangan lupa untuk mengeset boot awal (di BIOS) diatur untuk membaca removable drive/usb.

Sumber : detikinet.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s