Beasiswa USAid 2010


Beasiswa USAid 2010 adalah kelanjutan dari salah satu program USAid yang disponsori oleh pemerintah Amerika untuk membantu masyarakat di seluruh dunia termasuk Indonesia. USAid memiliki banyak program untuk mendukung peningkatan Sumber Daya Manusia dan pemberian beasiswa adalah salah satunya.

Khususnya di Indonesia, perekrutan hingga pemberangkatan dikoordinir oleh AED(Academic for Educational Development) Indonesia.

Beasiswa USAid 2010 telah dibuka sejak 23 Oktober 2010 dan batas terakhirnya adalah 31 desesmber 2010. Untuk tahun ini USAid hanya memberikan beasiswa untuk Master (S2) saja.

Info lebih lanjut dapat diperoleh di http://www.aed.or.id.

Formulir dapat didownload disini

  1. Cover
  2. Form
  3. Persyaratan
  4. Bidang Pendidikan
  5. Bidang Lingkungan
  6. Bidang Kesehatan

Silahkan mendownload.

Sebagai info tambahan, saya adalah penerima beasiswa ini untuk tahun 2009/2010. Siapa saja dapat bertanya dengan meninggalkan pesan atau mengemail saya. Semoga saya bisa membantu.

13 responses to “Beasiswa USAid 2010

  1. assalamu’alaikum>>>
    terima kasih atas informasinya yang sangat lengkap…
    saya sudah memasukan lamaran studi s.2…..
    bagaimana teknis pengumuman penerimanya…
    apakah melalui web atau bagaimana?
    terima kasih
    Wassalam

    • pengumumanx lewat telepon. kalau kita lolos administrasi nanti ditelpon untuk jadual wawancara. wawancarax juga lewat telepon.

      Semoga membantu.

  2. saya sudah mengirimkan lamaran study s2, tapi belum dihubungi juga. saya pernah telpon ke AED katanya bulan april proses seleksi sudah selesai. apakah berarti saya tidak terpanggil untuk tahap interview?

    • Apakah anda tidak menerima pemberitahuan lewat email?
      Ada beberapa teman yang telah dihubungi (saya agak lupa email atau telp) dan telah diwawancara via telpon. Menurut pengalaman saya, mungkin anda tidak lolos dalam tahap seleksi berkas. Tapi jangan putus asa, masih banyak beasiswa lainnya kan🙂. Saya telah 3 x apply dan yang ke 4 x baru berhasil, ada teman-teman lain yang telah mencoba lebih dari 5 x dan akhirnya berhasil. Tetap semangat !

      Saya dengan senang hati membantu kalau diperlukan, misal untuk penulisan essay. Feel free to contact me.

  3. Terima kasih infonya. Saya sudah mengirimkan aplikasi tapi juga tidak mendapatkan kabar apapun melalui email/telp. Websitenya juga tidak bisa diakses, bagaimana ya..? mohon bimbingannya untuk mencoba lagi dan menulis essay yang baik ya…:)

    Terima kasih banyak. ^^

    • Hi Kiki,
      Kalau hingga kini belum dihubungi itu berarti anda tidak lolos dalam seleksi administrasi karena beberapa teman saya telah diwawancara dan beberapa dinyatakan lulus. Soal website tidak bisa diakses itu dikarenakan USAid telah mengganti Implementer yang lama (AED) dengan Implementer yang baru (IIEF).

      Saya belum dapat info untuk penerimaan berikutnya tetapi kalau ada pasti saya posting di blog ini dan biasanya bulan November dan Desember tiap tahun.
      Untuk essay yang baik menurut pengalaman saya:
      1. Terdiri atas 3 bagian : Pendahuluan, Body, & Kesimpulan
      2. Pendahuluan harus mengandung ide pokok dari Body, karena juri/panitia biasanya hanya akan membaca bagian pendahuluan dulu. Kalau mereka merasa pendahuluannya menarik dan menerangkan isi dari essay kita, baru mereka baca selanjutnya. Kalau pendahuluan terasa aneh, tidak jelas, atau membingunkan, katanya langsung disisihkan.
      3. Baiknya singkat dan padat (to the point).
      4. Tunjukkan kenapa anda atau apa yang anda mau kerjakan itu penting dan diperlukan oleh bangsa, institusi, atau masyarakat lokal.

      Saya rasa itu yg paling penting dalam menulis essay.

  4. Terimakasih buat infonya yang sangat membantu yah. Saya ada beberapa pertanyaan, minimal TOEFL-nya berapa yah untuk beasiswa USAID? kemudian kalau misalnya kita lolos seleksi, pemilihan Universitas tujuan belajar di US sendiri ditentukan oleh siapa? Apakah kita bisa memilih sendiri, atau nanti diseleksi lagi oleh Universitas yang bersangkutan.
    Terimakasih sebelumnya. God bless.

    • Saya jg senang kl bs membantu. Terakhir yg saya tahu ‘hanya’ 450 itp toefl score. Soalx nanti kl dibawah 500 kita akan dikursuskan hingga mencapai 60 IBT (internet based toefl). Yg diatas 500 akan langsung tes IBT. Univ di US pakai IBT bkn ITP. Nanti kt diminta 3 univ yg kita mau lalu seanjutx Usaid yg urus.

  5. terimakasih atas infonya, maaf ingin menanyakan, apakah ada kemungkinan untuk menerima beasiswa usaid jika saya seorang fresh graduate? apa pernah ada fresh graduate yang lolos? jika ya apa tips untuk lolosnya ya? thanks : )

  6. terimakasih atas infonya, maaf ingin menanyakan, apakah ada kemungkinan untuk menerima beasiswa usaid jika saya seorang fresh graduate? apa pernah ada fresh graduate yang lolos? jika ya apa tips untuk lolosnya ya? thanks : ) : ) : )

Leave a Reply

